Setelah mencetak PCB ada hal yang perlu kita lakukan agar PCB terlihat bersih, rapi dan terhindar dari oksidasi. Ya, kita perlu melakukan finishing agar PCB kita awet dan suatu saat dibutuhkan tidak perlu melakukan pre-treatment ulang. Salah satu finishing PCB yang dapat dilakukan dengan cara mudah yaitu dengan proses pelapisan timah atau tin plating. Proses tin plating dapat dilakukan dengan dua cara yakni electroplating dan electroless. Secara singkat, proses electroplating dilakukan dengan memberikan tegangan ke elektroda timah (tin) agar berpindah ke electrode target dalam sebuah bejana yang berisi elektrolit, sedangkan proses electroless tin plating caranya lebih sederhana, yakni tinggal mencelupkan PCB ke dalam cairan tin plating dalam beberapa waktu. Dalam artikel ini akan dijelaskan tutorial mengenai langkah-langkah melakukan finishing PCB dengan cara electroless tin plating, sementara cara electroplating akan dijelaskan dalam artikel yang berbeda.

Alat dan bahan pelapisan timah PCB secara electroless

Berikut ini alat dan bahan yang dibutuhkan untuk proses pelapisan timah pada jalur dan pad PCB (tin plating) secara electroless (tanpa tegangan luar):

1. Bejana/wadah/tupperware

Bejana bisa apa saja, sebaiknya terbuat dari plastik agar tidak bereaksi dengan cairan pelapis timah

2. Cairan electroless tin plating

Cairan ini kaya timah dan khusus dirancang dapat menempel/melapisi tembaga pada jalur/pad PCB

3. Sandpaper/ampelas/amplas atau steel wool

Untuk membersihkan PCB, Anda dapat menggunakan amplas halus atau steel wol

4. Tisu

Untuk memercepat pengeringan Anda dapat menggunakan tisu

5. Sabun cuci

Untuk menghilangkan noda/kotoran/lemak di PCB sebaiknya dicuci dengan sabun cuci terlebih dahulu

Tutorial finishing PCB dengan electroless tin plating

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan finishing PCB dengan cairan electroless tin plating

1. Pre-treatment

Sebelum diproses, bersihkan PCB dari noda, kotoran dan lemak. PCB diamplas dulu kemudian dicuci sampai bersih menggunakan sabun cuci (sunlight/mama lemon). Tunggu beberapa saat sampai PCB benar-benar kering. Anda dapat menggunakan tissue untuk mempercepat pengeringan.

2. Pencelupan PCB ke cairan tin plating

Masukkan cairan tin plating ke bejana atau wadah atau tupperware. secukupnya. Masukkan PCB yang sudah kering ke cairan pelapis timah tersebut. Tunggu sekitar 5-10 menit sampai terlihat secara visual PCB sudah terlapis dengan timah. Anda dapat menunggu lebih lama lagi tapi lapisan timah akan semakin tebal dan cenderung menyebabkan warna menghitam. Jadi silahkan dicoba-coba sendiri waktu yang tepat pelapisan timah dengan metode electroless ini.

Anda dapat sambil menggosok-gosok PCB dengan amplas saat pencelupan untuk mempercepat proses plating timah

3. Post treatment

Setelah dirasa cukup, PCB dapat diangkat dari bejana. Sebaiknya langsung dikeringkan untuk menghindari warna berubah menjadi hitam.

Demikian sedikit tutorial finishing PCB dengan cairan electroless tin plating, semoga bermanfaat untuk Anda. Cairan ini dapat Anda beli di sini. Dengan melakukan finishing PCB dengan metode ini, PCB Anda tidak hanya terlihat bersih dan mengkilat, tetapi juga terhindar dari oksidasi yang menyebabkan kusam dan mudah disolder karena pad tembaga sudah terlapisi dengan timah. Selamat mencoba

By hansapw

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *